Sunday, August 24, 2008

Panduan Transfer Data GPS ke Komputer

Selalu ada newbie di setiap komunitas. Jadi saya tidak pernah takut apalagi malu untuk berbagi informasi yang (mungkin dianggap) remeh temeh.

Barusan saya selesai membuat satu video tutorial cara mentransfer data GPS Garmin ke komputer menggunakan Mapsource. Proses download data PGS menggunakan mapsource sendiri relatif gampang lebih-lebih bila kabel yang digunakan adalah kabel USB. Namun toh masih saja ada yang bingung untuk melakukannya.

Semoga video panduan download data GPS Garmin menggunakan Mapsource ini berguna. Silakan ditengok video di bawah ini. Komentar anda sangat saya rindukan...



original post by anang, yb

Reblog this post [with Zemanta]

5 comments:

Anonymous said...

Bravo nang,

Ini yang sudah ditunggu-tunggu....lam a sekali.....Walau ada keterbatasan disana-sini....Video manual penggunaan GPS 60inya sdh selesai ?

Revi

Artofreed said...

aduh sayang garmin-ku sudah ga ada nih.

Posting asik mas anang.

btw... dulu pernah di kerjain SITAC di Jogja area gak, mas anang ?

andi sukman said...

good video, tapi saya masih punya masalah dengan transfer data dari GPS Garmin 60csx ke komputer. Setelah ditransfer ke komputer data berformat txt, kemudian dibuka dengan excell untuk konversi ke format dbf. Masalahnya data x,y dalam satu kolom sehingga harus di pisah secara manual untuk membuat kolom lat dan long agar data tersebut dapat ditampilkan di Arcview. Punya tips untuk membuat data x,y langsung berkolom lat dan long? Thanks sebelumnya.

anangyb said...

@andi sukman: saat transfer, pilih tipe datanya DXF ya. Ntar bisa dibuka di arcview dgn mengaktifkan extention cad reader.
Kalau mau nongolin X dan Y di tabel, gunakan extension ADDXY di arcview. gitu kan ya?

Anonymous said...

Dear Mas Anang,

Anda telah banyak membantu orang lain dalam video ini, Semoga ALLOH SWT membantu anda juga dalam segala hal...

Salam
aldebar_an@yahoo.com